Baksos

Posted: 5 April 2010 in Life

Ga tau kenapa hari ini tiba-tiba pengen ngeblog lagi. Hehe.. ^_^ Sebenernya kejadiannya adalah hari Sabtu, 4 April 10.

Kemaren malem, sy terima sms dari Stefani yg isinya menyebutkan bahwa yayasan xxx (lupa) sedang mengadakan bakti sosial untuk korban banjir di Bale Endah dan Andir. Kami (PVVD) diminta untuk membantu membungkus nasi plus lauknya. Saat mendengar kabar ini, sy langsung acc. Kenapa tidak, hal ini merupakan kesempatan untuk menanamkan cinta kasih kita terhadap sesama sekaligus untuk memupuk karma baik.

Pagi hari pukul 05.00 saya bangun dan langsung mandi pergi ke kost Triguna. Sesampainya disana, kami dijemput oleh mobil yayasan menuju Maribaya Lembang. Jumlah relawan yg membantu dari PVVD hanya 6 orang. Betapa kagetnya, total orang yang membantu ga lebih dari 15 orang, termasuk tukang masak!! Sedangkan target Aya (sebutkan untuk bhikuni) adalah 2000 bungkus, bayangkan! Gempor dha gw pikir, banyak amat.. haha..

Waktu pun terus berjalan, sampai jam menunjukan pukul  10an, kami sudah selesai mengepak 30 dus (@dus = 50 bungkus) -> 1500 bungkus. Ga kerasa, cepet banget yah.. Trus tiba2 datang rombongan dari Jakarta (ga banyak jg sih, paling cuma 15 orang), pekerjaan kami pun semakin cepat, kayak mesin dhe.. sheeeet sheeeet  sheeeet beres!! Ga nyangka n ga tau kenapa, walaupun tangan kami udah pada pegel2, kami tetep aja ceria n semangat.. haha.. pekerjaan pun selesai pada sekitar pukul 12an karena nasi sudah habis. Jumlah nasi bungkus pun udah 2500, keren  kan..😀

Setelah selesai, kerjaan pun belom beres ternyata. Turut hadir juga kapolsek Bale Endah untuk menjemput makanan tsb . Trus karena disana lebih banyaknya cewe2nya dibanding cowo2nya, alhasil cowo2 lah yg harus ngangkatin dus2 makanan tsb ke mobil, lumayan 40 dus!! Belom termasuk air mineral!! Kapolsek berkata bahwa beliau sangat salut kepada mahasiswa2 disini. Para anak2 muda disini bisa dengan ceria dan semangat bekerja padahal tidak dibayar sepeser pun, bahkan harus ngocek kantong jg. Ia menambahkan, jumlah sumbangan nasi bungkus yang diterima dari Aya sejak 6 hari yang lalu sudah mencapai 20.000 bungkus lebih, luar biasa! Saya baru melihat orang-orang yang memiliki ketulusan begitu mendalam. Harapan kita semua yaitu dengan bisa membahagiakan orang lain maka kita semua akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih dan ini semua itu telah terbukti dari wajah ade-ade sekalian🙂, lanjutnya.

Seusai mendengarkan pa kapolsek, kami langsung bergegas menuju desa Bale Endah, kami menyimpan sumbangan2 tsb di kantor polisi, tujuannya supaya ada pengaturan yang jelas saat pembagian. Ada hal lucu saat sy mau masuk ke wc nya, sy membaca tulisan seperti dibawah ini, Oh my God , secara ini di kantor polisi lho!!!

Ada pesan penting yang disampaikan oleh Aya, ia berkata bahwa setiap orang yang telah melakukan karma baik maka karma tersebut telah ia miliki saat itu juga hanya tinggal menunggu waktu saja kapan datangnya rezeki. Begitupun kalau orang yang melakukan karma buruk maka karma tersebut telah ia miliki karma buruk tersebut saat itu juga dan hanya tinggal menunggu waktu saja kapan datangnya bencana / musibah datangnya. Ibarat kita membeli buah di toko buah, kita sudah membeli dan memiliki, tapi waktu untuk memakan buah tersebut belum tentu saat itu jg, hanya tinggal menunggu waktu.

Aya menambahkan, karma bisa didapat dikehidupan sekarang maupun kehidupan yg akan datang. Contoh kecil, mungkin saat kita bayi kita dapat susu dan perawatan yang baik. Tapi ternyata diluar sana, banyak sekali bayi yang tidak diperlakukan dengan baik, bahkan oleh orang tuanya sendiri. Contoh lainnya, mungkin kita pernah saat mau menyebrang jalan atau saat mengendarai kendaraan walapun dengan hati tiba2 ada mobil dengan laju sangat cepat dan mau menabrak kita lalu tapi gagal dan kita lalu bergumam “untung gw ga ketabrak, kl ditabrak bisa celaka dha gw”, sewaktu ada yg mau berbuat jahat pada kita tapi kita terhindar inilah yang disebut dengan tabungan pahala untuk menepis bencana.  Saat kita tidak memiliki tabungan karma baik (alias karma buruk lebih besar dari karma baik) dan kita tidak ada pahala yang menopang, maka saat itulah karma pada masa kini dan masa yg akan datang terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s